Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Manfaatnya Bagi Pembelajaran

Siapa yang belum pernah mendengar PTK alias Penelitian Tindakan Kelas? hampir mungkin setiap guru tahu apa itu Penelitian Tindakan Kelas, yang merupakan salah satu metode dalam penelitian. Artikel kali ini blog Panduan Mengajar akan mengupas apa itu Penelitian Tindakan Kelas serta manfaatnya untuk pembelajaran di kelas ataupun sekolah.


Penelitian-penelitian di kelas sangat bermanfaat bagi pembelajaran di kelas. Namun manfaat dari hasil penelitian pendidikan selama ini masih kurang dirasakan secara langsung dampaknya dalam pembelajaran di kelas. hal ini karena 3 faktor berikut ini:
  1. Selama ini penelitian tindakan kelas dilakukan oleh para peneliti dari pihak luar, sebut saja para mahasiswa yang mereka sedang mengambil data untuk penelitian skripsinya, sehingga guru sendiri kurang tahu permasalahan yang diteliti.
  2. Hasil penelitiannya kurang mampu dalam mendorong perubaan secara cepat pada pelaksana penelitian.
  3. Penyebarluasan hasil penelitiannya memerlukan waktu yang lama agar sampai kepada praktisi atau guru.

Perkembangan Penelitian Tindakan Kelas

Menurut Kurt Lewin (1946) Penelitian tindakan pada mulanya mempunyai misi untuk memperdayakan masyarakat dalam ilmu sosial yang diterapkan untuk meningkatkan produktivitas para karyawan. Dengan fokus kepada cara untuk meningkatkan hubungan antar kelompok.
Kemudian pada tahun 1952 ditetapkan empat langkah dalam penelitian tindakan yaitu PAOR, selanjutnya pada tahun 1978 Elliot mengenalkan penelitian tindakan di kelas atau sekolah, karena penelitian yang telah ada yaitu survey dan eksperimen tidak bisa secara langsung memberikan konstribusi pada pendidikan dan juga tidak dapat di praktekkan pada pendidikan.

Apa itu Penelitian Tindakan Kelas?

Sebelum kita membahas apa itu penelitian tindakan kelas, kita pahami dulu apa itu penelitian. Penelitian itu adalah kegiatan ilmiah yang tujuannya adalah mencari jawaban atas permasalahan secara logis dan empiris. Penelitian ini sifatnya adalah ilmiah, yaitu bersifat keilmuan.

Sedangkan penelitian tindakan kelas menurut Calhoun (1994) yaitu suatu cara yang menarik untuk mengajak dan mempelajari hal-hal yang terjadi di dalam kelas atau sekolah dan juga menentukan bagaimana cara membuat suasana kelas menjadi lebih baik. Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas untuk melakukan perbaikan atau perubahan dengan menjadikan guru atau siswa sebagai obyek penelitian. Penelitian tindakan kelas dibagi menjadi tiga proses, yaitu: Perencanaan yang meliputi penelitian pendahuluan, pengambilan tindakan, dan pengambilan data tentang hasil tindakan yang telah dilakukan.

Kenapa perlu adanya penelitian tindakan kelas?

Pengembangan pendidikan dari pendekatan atas-ke bawah perlu diubah sesuai dengan kebutuhan nyata dan dilakukan oleh piha-pihak pelaksana pendidikan di dalam sekolah.
  • Melalui penelitian tindakan kelas, pembelajaran di kelas dapat dikaji dan ditingkatkan lagi.
  • Dengan penelitian tindakan kelas, para guru dapat meningkatkan kinerjanya.
  • Penelitian tindakan kelas menempatkan para pendidik sebagai peneliti dan sebagai agen perubahan.
Demikian artikel tentang Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan manfaatnya bagi pembelajaran, semoga bermanfaat. Silahkan dibagikan ya..

Posting Komentar untuk "Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Manfaatnya Bagi Pembelajaran"