Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Manfaatnya Bagi Pembelajaran
Siapa
yang belum pernah mendengar PTK alias Penelitian Tindakan Kelas? hampir mungkin
setiap guru tahu apa itu Penelitian Tindakan Kelas, yang merupakan salah satu
metode dalam penelitian. Artikel kali ini blog Panduan Mengajar akan mengupas
apa itu Penelitian Tindakan Kelas serta manfaatnya untuk pembelajaran di kelas
ataupun sekolah.
Penelitian-penelitian
di kelas sangat bermanfaat bagi pembelajaran di kelas. Namun manfaat dari hasil
penelitian pendidikan selama ini masih kurang dirasakan secara langsung dampaknya
dalam pembelajaran di kelas. hal ini karena 3 faktor berikut ini:
- Selama ini penelitian tindakan kelas dilakukan oleh para peneliti dari pihak luar, sebut saja para mahasiswa yang mereka sedang mengambil data untuk penelitian skripsinya, sehingga guru sendiri kurang tahu permasalahan yang diteliti.
- Hasil penelitiannya kurang mampu dalam mendorong perubaan secara cepat pada pelaksana penelitian.
- Penyebarluasan hasil penelitiannya memerlukan waktu yang lama agar sampai kepada praktisi atau guru.
Perkembangan
Penelitian Tindakan Kelas
Menurut
Kurt Lewin (1946) Penelitian tindakan pada mulanya mempunyai misi untuk
memperdayakan masyarakat dalam ilmu sosial yang diterapkan untuk meningkatkan
produktivitas para karyawan. Dengan fokus kepada cara untuk meningkatkan
hubungan antar kelompok.
Kemudian
pada tahun 1952 ditetapkan empat langkah dalam penelitian tindakan yaitu PAOR,
selanjutnya pada tahun 1978 Elliot mengenalkan penelitian tindakan di kelas
atau sekolah, karena penelitian yang telah ada yaitu survey dan eksperimen
tidak bisa secara langsung memberikan konstribusi pada pendidikan dan juga
tidak dapat di praktekkan pada pendidikan.
Apa
itu Penelitian Tindakan Kelas?
Sebelum
kita membahas apa itu penelitian tindakan kelas, kita pahami dulu apa itu penelitian.
Penelitian itu adalah kegiatan ilmiah yang tujuannya adalah mencari jawaban
atas permasalahan secara logis dan empiris. Penelitian ini sifatnya adalah
ilmiah, yaitu bersifat keilmuan.
Sedangkan
penelitian tindakan kelas menurut Calhoun (1994) yaitu suatu cara yang menarik
untuk mengajak dan mempelajari hal-hal yang terjadi di dalam kelas atau sekolah
dan juga menentukan bagaimana cara membuat suasana kelas menjadi lebih baik. Penelitian
tindakan kelas dilakukan di dalam kelas untuk melakukan perbaikan atau
perubahan dengan menjadikan guru atau siswa sebagai obyek penelitian.
Penelitian tindakan kelas dibagi menjadi tiga proses, yaitu: Perencanaan yang
meliputi penelitian pendahuluan, pengambilan tindakan, dan pengambilan data
tentang hasil tindakan yang telah dilakukan.
Kenapa
perlu adanya penelitian tindakan kelas?
Pengembangan
pendidikan dari pendekatan atas-ke bawah perlu diubah sesuai dengan kebutuhan
nyata dan dilakukan oleh piha-pihak pelaksana pendidikan di dalam sekolah.
- Melalui penelitian tindakan kelas, pembelajaran di kelas dapat dikaji dan ditingkatkan lagi.
- Dengan penelitian tindakan kelas, para guru dapat meningkatkan kinerjanya.
- Penelitian tindakan kelas menempatkan para pendidik sebagai peneliti dan sebagai agen perubahan.
Posting Komentar untuk "Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Manfaatnya Bagi Pembelajaran"