Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang terpadu dan menggunakan tema atau topik tertentu untuk mengaitkan bebepa kompetensi atau mata pelajaran, sehingga siswa dapat mengambil pengalaman yang bermakna. Pada artikel sebelumnya blog PanduanMengajar sudah menjelaskan apa itu pembelajaran tematik beserta fungsi dan implikasinya bagi komponen sekolah. Lalu pada artikel ini blog Panduan Mengajar akan jelaskan bagaimana pelaksanaan dari pembelajaran tematik ini.


Pada pelaksanaan pembelajaran tematik ada langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan oleh guru. 

Tahap yang pertama adalah persiapan. Pada tahap persiapan ini meliputi:

Pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator di dalam tema
Kegiatan pemetaan ini mempunyai tujuan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh serta utuh dari semua standar kompetensi, kompetensi dasar maupun indikator dari berbagai mata pelajaran yang akan dipadukan dalam tema yang dipilih.

Kegiatan pemetaan ini perlu dilakukan penjabaran standar kompetensi maupun kompetensi dasar ke dalam indikator. Hal yang perlu dilakukan dalam pengembangan indikator adalah sebagai berikut: indikator harus dikembangkan sesuai dengan karakteristik dari siswa, dan juga indiktaor dikembangkan sesuai karakteristik mata pelajaran yang diambil, lalu dirumuskan dalam kara kerja operasional yang terukur.

Cara penentuan tema dalam pembelajaran tematik

Cara yang pertama adalah dengan mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada masing-masing mata pelajaran, lalu dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
Cara yang kedua adalah dengan menetapkan dahu apa saja tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema itu, guru bisa membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan siswa sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan dari siswa itu. Dalam penentuan tema ada prinsip-prinsip yang perlu dijadikan pedoman yaitu:
  • Memperhatikan lingkungan terdekat siswa
  • Tema yang dipilih adalah tema yang termudah dan menuju ke yang sulit
  • Tema yang dipilih memungkinkan adanya proses berpikir pada siswa
  • Dari yang sederhana ke yang kompleks
  • Dari yang kongkret ke yang abstrak
  • Ruang lingkup tema tersebut disesuaikan dengan usia serta perkembangan siswa baik itu minat, kebutuhan maupun kemampuan siswa.

Tahap persiapan selanjutnya adalah menetapkan jaringan tema
Cara menetapkan jaringan tema adalah dengan menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dalam tema pemersatu sehingga dapat terlihat keterkaitan tema tersebut, dan juga antar kompetensi dasar (KD) dan indikator pada tiap mata pelajaran. Jaringan tema ini bisa dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu yang diperlukan dalam setiap tema yang diambil.

Tahap selanjutnya adalah penyusunan silabus
Pada pembelajaran tematik ini, silabus terdiri dari SK atau standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, alat atau sumber belajar, pengalaman belajar dan juga penilaian.

Tahap terakhir dalam persiapan adalah penyusunan RPP
Komponen RPP pada pembelajaran tematik adalah:
  1. Identitas dari mata pelajaran, seperti nama mata pelajaran yang hendak di padukan, semester, kelas, semester serta waktu yang dialokasikan dalam pertemuan.
  2. Kompetensi dasar dan juga indikator
  3. Materi pokok dan penjelasannya yang perlu untuk dipelajari siswa untuk mencapai kompetensi dasar serta indikatornya.
  4. Strategi pembelajaran juga, kegiatan ini tertuang pada kegiatan mulai dari pembukaan, inti hingga menutup.
  5. Alat dan media yang dipakai untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, dan sumber bahan yang dipakai dalam pembelajaran tematik ini sesuai dengan kompetensi dasar.
  6. Penilaian serta tindak lanjut baik itu prosedur penilaian dan instrumennya yang hendak dipakai untuk menilai hasil belajar siswa juga tidak lanjutnya.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik"