Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik
Pembelajaran
tematik yaitu pembelajaran yang terpadu dan menggunakan tema atau topik
tertentu untuk mengaitkan bebepa kompetensi atau mata pelajaran, sehingga siswa
dapat mengambil pengalaman yang bermakna. Pada artikel sebelumnya blog PanduanMengajar sudah menjelaskan apa itu pembelajaran tematik beserta fungsi dan
implikasinya bagi komponen sekolah. Lalu pada artikel ini blog Panduan Mengajar
akan jelaskan bagaimana pelaksanaan dari pembelajaran tematik ini.
Pada
pelaksanaan pembelajaran tematik ada langkah-langkah atau prosedur yang harus
dilakukan oleh guru.
Tahap yang pertama adalah persiapan. Pada tahap
persiapan ini meliputi:
Pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator di
dalam tema
Kegiatan
pemetaan ini mempunyai tujuan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh serta
utuh dari semua standar kompetensi, kompetensi dasar maupun indikator dari
berbagai mata pelajaran yang akan dipadukan dalam tema yang dipilih.
Kegiatan
pemetaan ini perlu dilakukan penjabaran standar kompetensi maupun kompetensi dasar
ke dalam indikator. Hal yang perlu dilakukan dalam pengembangan indikator
adalah sebagai berikut: indikator harus dikembangkan sesuai dengan
karakteristik dari siswa, dan juga indiktaor dikembangkan sesuai karakteristik
mata pelajaran yang diambil, lalu dirumuskan dalam kara kerja operasional yang
terukur.
Cara
penentuan tema dalam pembelajaran tematik
Cara
yang pertama adalah dengan mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang ada pada masing-masing mata pelajaran, lalu dilanjutkan dengan menentukan
tema yang sesuai.
Cara
yang kedua adalah dengan menetapkan dahu apa saja tema-tema pengikat
keterpaduan, untuk menentukan tema itu, guru bisa membuat kesepakatan terlebih
dahulu dengan siswa sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan dari siswa itu.
Dalam penentuan tema ada prinsip-prinsip yang perlu dijadikan pedoman yaitu:
- Memperhatikan lingkungan terdekat siswa
- Tema yang dipilih adalah tema yang termudah dan menuju ke yang sulit
- Tema yang dipilih memungkinkan adanya proses berpikir pada siswa
- Dari yang sederhana ke yang kompleks
- Dari yang kongkret ke yang abstrak
- Ruang lingkup tema tersebut disesuaikan dengan usia serta perkembangan siswa baik itu minat, kebutuhan maupun kemampuan siswa.
Tahap persiapan selanjutnya adalah menetapkan jaringan tema
Cara
menetapkan jaringan tema adalah dengan menghubungkan kompetensi dasar dan
indikator dalam tema pemersatu sehingga dapat terlihat keterkaitan tema
tersebut, dan juga antar kompetensi dasar (KD) dan indikator pada tiap mata
pelajaran. Jaringan
tema ini bisa dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu yang diperlukan dalam
setiap tema yang diambil.
Tahap selanjutnya adalah penyusunan silabus
Pada
pembelajaran tematik ini, silabus terdiri dari SK atau standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, alat atau sumber belajar, pengalaman belajar dan
juga penilaian.
Tahap terakhir dalam persiapan adalah penyusunan RPP
Komponen
RPP pada pembelajaran tematik adalah:
- Identitas dari mata pelajaran, seperti nama mata pelajaran yang hendak di padukan, semester, kelas, semester serta waktu yang dialokasikan dalam pertemuan.
- Kompetensi dasar dan juga indikator
- Materi pokok dan penjelasannya yang perlu untuk dipelajari siswa untuk mencapai kompetensi dasar serta indikatornya.
- Strategi pembelajaran juga, kegiatan ini tertuang pada kegiatan mulai dari pembukaan, inti hingga menutup.
- Alat dan media yang dipakai untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, dan sumber bahan yang dipakai dalam pembelajaran tematik ini sesuai dengan kompetensi dasar.
- Penilaian serta tindak lanjut baik itu prosedur penilaian dan instrumennya yang hendak dipakai untuk menilai hasil belajar siswa juga tidak lanjutnya.
Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik"