Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Pembelajaran Tematik?

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang memakai tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman yang bermakna. Tema yang dimaksud adalah gagasan pokok atau pokok pikiran yang dijadikan pokok pembicaraan.


Manfaat dari pembelajaran tematik yaitu sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan pembelajaran tematik dimana beberapa kompetensi dasar, indikator dan isi mata pelajaran di gabungkan maka bermanfaat dalam penghematan, hal ini karena tumpang tindih dalam pelajaran dapat dihindari.
  • Siswa dapat mengetahui hubungan-hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran dapat lebih berperan sebagai sarana atau alat dan bukan sebagai tujuan akhir.
  • Pembelajaran bisa menjadi utuh sehingga siswa mendapatkan pengertian tentang proses dan materi yang tidak terpecah-pecah.
  • Adanya pemaduan antara mata pelajaran satu dengan yang lain, dengan begitu maka penguasaan konsep semakin baik.
Karakteristik pembelajaran tematik

Pembelajaran tematik memiliki karakteristik tersendiri, yaitu berpusat kepada siswa, memberikan pengalaman langsung kepada siswa, pemisah mata pelajaran tidak jelas, menampilkan konsep dari bermacam-macam mata pelajaran, sifatnya fleksibel, hasil pembelajaran sesuai dengan minat serta kebutuhan siswa, memakai prinsip belajar sambil bermain sehingga dapat menyenangkan.

Implikasi pembelajaran tematik

Yang pertama adalah implikasi bagi guru, guru haruslah kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan belajar untuk anak, juga dalam hal memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya supaya pembelaran tersebut menjadi lebih menarik, bermakna serta menyenangkan.

Implikasi bagi siswa, siswa siap dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran yang pelaksanaannya mungkin dibutuhkan untuk bekerja secara individual, kelompok kecil maupun klasikal. Siswa juga harus siap mengikuti pembelajaran variatif dengan aktif seperti melakukan diskusi kelompok dalam pemecahan masalah, melakukan penelitian sederhana, dan lainnya.

Implikasi terhadap sarana dan prasarana serta sumber belajar yaitu, pembelajaran tematik membutuhkan berbagai sarana dan prasarana dalam kegiatan belajarnya, memanfaatkan sumber belajar yang bermacam-macam, mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang variatif, pembelajaran tematik juga dapat menggunakan buku atau bahan ajar yang ada untuk setiap pelajaran dan dimungkinkan menggunakan buku khusus yang terintegrasi.

Implikasi pada pengaturan ruangan, ruang harus ditata dan disesuaikan dengan tema yang tengah dilaksanakan, posisi meja siswa juga dapat berubah sesuai dengan keperluan pembelajaran, siswa tidak harus selalu duduk di kursi tapi juga bisa untuk dilaksanakan secara variasi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya siswa sehingga bisa dimanfaatkan untuk sumber belajar, sarana dan prasarana tersebut sebaiknya di kelola dengan baik untuk memudahkan siswa dalam menggunakan kembali.

Implikasi untuk pemilihan metode, pada pembelajaran tematik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi metode, seperti percobaan, tanya jawab, demonstrasi, bermain peran, bercakap-cakap, dan sebagainya.
Untuk proses pelaksanaan pembelajaran tematik ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya insyaAllah. Demikianlah artikel tentang pembelajaran tematik semoga dapat bermanfaat. Silahkan dishare ya.. Salam Guru!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Pembelajaran Tematik?"