Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Evaluasi Pembelajaran?

Mendengar kata evaluasi, yang ada dalam benak kita pastinya ujian, ulangan, tes, dan semacamnya. Betul, namun secara pengertian, terkadang orang masih bingung dengan istilah mengukur, menilai, dan mengevaluasi. Mengukur yaitu membandingkan sesuatu dengan satu ukuran tertentu (sifatnya kuantitatif), sedangkan menilai yaitu mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan kategori khusus atau tertentu (sifatnya kualitatif). Dan evaluasi sendiri adalah tindakan mengukur dan menilai.



Pengertian Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi sendiri memiliki pengertian suatu proses untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh dan berkesinambungan tentang suatu proses serta hasil sebuah kegiatan.
Sedangkan pengertian evaluasi pembelajaran, yaitu proses untuk memperoleh informasi yang menyeluruh dan berkesinambungan tentang suatu proses dan hasil belajar siswa, sehingga bisa dijadikan sebagai dasar dalam penentuan perlakuan lanjut.

Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran memiliki fungsi yang strategis untuk kepentingan siswa, guru, maupun bagi lembaga pendidikan itu sendiri.
  1. Adapun fungsi dari evaluasi pembelajaran bagi siswa adalah untuk mengetahui tingkat kemajuan belajarnya siswa, untuk memberi dorongan belajar atau motivasi belajar kepada siswa, dan untuk memberikan pengalaman dalam belajar.
  2. Sedangkan bagi guru, evaluasi pembelajaran berfungsi untuk menyeleksi siswa dan meramalkan keberhasilannya, untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dan memberi bimbingan, untuk memberi pedoman siswa dalam belajar, untuk mengetahui ketepatan metode mengajar, untuk mendudukkan siswa sesuai dengan tingkat kepandaiannya di dalam kelas.
  3. Adapun bagi lembaga pendidikan, evaluasi pembelajaran berfungsi untuk mempertahankan standar mutu pendidikan, untuk menilai ketepatan kurikulum, dan untuk menilai kemajuan sekolah.

Sasaran evaluasi pembelajaran yaitu meliputi komponen pembelajaran, baik proses maupun hasil belajar siswa dalam kegiatan intrakulikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakulikuler.

Prinsip Evaluasi Pembelajaran

Agar evaluasi pembelajaran bisa berfungsi seperti di atas, maka ada prinsip-prinsip diantaranya:
  • Menyeluruh, yaitu evaluasi harus mampu menghasilkan gambaran tentang siswa secara keseluruhan baik pada aspek kognitif, afektif maupu psikomotorik
  • Berkesinambungan, yaitu bahwa evaluasi pembelajaran harus dilakukan dengan terus menerus, baik di awal sampai dengan akhir proses pembelajaran.
  • Obyektif, yaitu evaluasi pembelajaran harus bisa menggambarkan kondisi siswa apa adanya.
  • Valid, yaitu evaluasi pembelajaran harus bisa menggambarkan kondisi siswa sesuai dengan yang sebenarnya dievaluasi.
  • Reliable, yaitu evaluasi pembelajaran harus bisa dipercaya dan bisa menggambarkan kondisi siswa secara kontinyu meskipun dilakukan oleh pihak yang berbeda dalam waktu yang berbeda pula.
  • Edukatif, yaitu evaluasi pembelajaran harus bisa memberi dorongan dalam mendidik kepada siswa, agar mereka lebih semangat lagi dalam belajar.

Selain memiliki prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, ada juga standar evaluasi pembelajaran serta ada alat yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah pembelajaran. Nah standar dan alat evaluasi pembelajaran ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya insyaAllah. Jadi sabar yaa :) Jadi demikianlah artikel tentang apa itu evaluasi pembelajaran, semoga bermanfaat bagi kita. silahkan dishare sobat. salam Guru!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Evaluasi Pembelajaran?"