Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model–Model Pembelajaran di Kelas #1

Selamat pagi bapak ibu guru dan calon-calon guru, pada artikel sebelumnya blog panduan mengajar sudah membahas tentang model dan ciri pembelajaran yang baik dan efektif. Pada artike kali ini kami akan menyajikan apa saja model-model pembelajaran yang ada, sehingga dengan mengetahui model-model pembelajaran ini sobat bisa memilihnya dan menggunakannya di dalam kelas tatkala mengajar, dalam memilih model pembelajaran tentu sobat harus memakai pertimbangan-pertimbangan sebagaimana yang sudah kami bahas pada artikel  model dan ciri pembelajaran yang baik dan efektif. Diantara model-model pembelajaran adalah sebagai berikut

Examples Non Examples
Model pembelajaran ini dengan contoh dapat dari kasus atau gambar yang relevan dengan KD, langkah-langkah model pembelajaran example non example adalah sebagai berikut ini
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan atau menganalisis gambar
  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  7. Langkah terakhir adaah kesimpulan

Picture and Picture

Model pembelajaran selanjutnya adalah picture and picture, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru menyajikan materi sebagai pengantar
  3. Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  4. Guru menunjuk atau memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  5. Guru menanyakan alasan (dasar) pemikiran urutan gambar tersebut
  6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  7. Guru membuat kesimpulan atau rangkuman

Numbered Heads Together


Model pembelajaran Numbered Heads Together ini berasal dari Spencer Kagan, 1992. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:
  1. Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
  4. Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
  5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
  6. Guru membuat kesimpulan

Cooperative Script


Model pembelajaran cooperative script berasal dari Dan Sereau, tahun 1985. Langkah-langkah dari model pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
  1. Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
  2. Guru membagikan wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
  3. Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik yang lain:
  5. Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
  6. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan 
  7. Menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  8. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  9. Kesimpulan peserta didik  bersama-sama dengan Guru
  10. Guru menutup kegiatan pembelajaran

Mungkin keempat model pembelajaran ini bisa dijadikan pilihan sobat dalam pembelajaran di kelas. model pembelajaran yang lain akan kami bahas pada artikel berikutnya supaya tidak terlalu panjang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan dishare. Salam guru

Posting Komentar untuk "Model–Model Pembelajaran di Kelas #1"