Model–Model Pembelajaran di Kelas #1
Selamat pagi bapak ibu guru dan
calon-calon guru, pada artikel sebelumnya blog panduan mengajar sudah membahas
tentang model dan ciri pembelajaran yang baik dan efektif. Pada artike kali ini
kami akan menyajikan apa saja model-model pembelajaran yang ada, sehingga
dengan mengetahui model-model pembelajaran ini sobat bisa memilihnya dan
menggunakannya di dalam kelas tatkala mengajar, dalam memilih model
pembelajaran tentu sobat harus memakai pertimbangan-pertimbangan sebagaimana
yang sudah kami bahas pada artikel model
dan ciri pembelajaran yang baik dan efektif. Diantara model-model pembelajaran
adalah sebagai berikut
Examples Non Examples
Model pembelajaran ini dengan contoh
dapat dari kasus atau gambar yang relevan dengan KD, langkah-langkah model
pembelajaran example non example adalah sebagai berikut ini
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan atau menganalisis gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
- Langkah terakhir adaah kesimpulan
Picture and Picture
Model pembelajaran selanjutnya
adalah picture and picture, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk atau memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan (dasar) pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru membuat kesimpulan atau rangkuman
Numbered Heads Together
Model pembelajaran Numbered Heads
Together ini berasal dari Spencer Kagan, 1992. Adapun langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut ini:
- Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
- Guru membuat kesimpulan
Cooperative Script
Model pembelajaran cooperative
script berasal dari Dan Sereau, tahun 1985. Langkah-langkah dari model
pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
- Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
- Guru membagikan wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
- Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
- Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik yang lain:
- Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
- Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
- Menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
- Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
- Kesimpulan peserta didik bersama-sama dengan Guru
- Guru menutup kegiatan pembelajaran
Mungkin keempat model pembelajaran
ini bisa dijadikan pilihan sobat dalam pembelajaran di kelas. model
pembelajaran yang lain akan kami bahas pada artikel berikutnya supaya tidak
terlalu panjang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan
silahkan dishare. Salam guru
Posting Komentar untuk "Model–Model Pembelajaran di Kelas #1"