Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Mengajar yang Baik dan Benar

Mengajar adalah proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Dalam prosesnya guru harus menyiapkan langkah-langkah yang tepat supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal. Kurangnya komponen langkah-langkah mengajar akan menjadikan pembelajaran dapat berjalan kurang maksimal. Lalu seperti apa langkah-langkah pembelajaran tersebut? Berikut ini blog panduan mengajar akan membahasnya.


Ada empat langkah dalam proses mengajar. Yaitu; (1) persiapan, persiapam melipui persiapan oleh guru dan motivasi peserta didik atau siswa untuk menerima pelajaran, (2) presentasi, (3) aplikasi, dan (4) evaluasi.

Langkah persiapan

Langkah persiapan bukan hanya sekedar menyiapkan materi yang akan disampaikan guru kepada siswa. Namun menentukan bagaimana cara menyampaikan setiap bagian dari pelajaran. Lalu juga menentukan bagaimana teaching material yang diperlukan, menyiapkan peralatan untuk pembelajaran serta menyiapkan fisik serta mental peserta didik untuk menerima pelajaran.
Sebagai pengalaman, selama admin SM3T di daerah Sumba Timur, kebiasaan siswa adalah tidak sarapan di pagi harinya, karena mereka rata-rata tinggal bersama walinya (bukan orangtua) karena mereka perantauan dari desa-desa. Sehingga secara fisik mereka kurang siap dalam menerima pelajaran (lapar), terlebih lagi jika guru sering membentak atau memerahai mereka, bisa jadi mental mereka pun tidak lagi siap dalam menerima pelajaran. Maka seorang guru juga harus memperhatikan fisik dan mental peserta didik. Persiapan skenario pembelajaran sebagai berikut:
  • Dimana KBM akan dilaksanakan
  • Peralatan apa yang diperlukan
  • Workstation untuk siswa
  • Alat apa yang akan dipakai oleh siswa
  • Apa saja alat bantu pembelajaran
  • Lembar handout untuk siswa
  • Bahan apa yang dibutuhkan oleh siswa seperti bahan praktek
  • Evaluasi untuk siswa

Langkah Presentasi

Langkah presentasi adalah menjelaskan kepada siswa untuk:
  • Menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu
  • Memahamkan konsep, ide, fakta, analisis dan sebagainya
  • Menyesuaikan langkah skenario yang telah direncanakan sebelumnya

Langkah Aplikasi

Langkah aplikasi yaitu siswa berlatih untuk memahami apa yang diajarkan dalam pelajaran praktek, siswa berlatih untuk mendapatkan skill yang dipelajari, siswa mendalami apa yang sudah disampaikan oleh guru dengan melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan apa yang direncanakan guru.

Langkah Evaluasi

Langkah evaluasi bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa bahwa mereka telah menguasai kompetensi atau belum, melihat kesulitan yang dihadapi siswa, serta digunakan untuk menentukan langkah berikutnya.

Selain keempat hal diatas, ada juga tiga hal pokok dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu: secure the attention of the lerner, develop attention into interest, and cause interest to grow into an active desire to learn.
  1. Securing attention diantaranya adalah menimbulkan minat siswa ketika mulai pelajaran, mengkaitkan dengan pekerjaan yang relevan, membuat diskusi singkat, menggunakan visual aid, menggunakan tulisan untuk memfokuskan masalah yang hendak dipelajari dan menceritakan pengalaman diri.
  2. Developing interest diantaranya adalah adanya variasi metode mengajar, tidak monoton kegiatannya yang dapat membuat siswa bosan, jangan membuat siswa nganggur, siswa harus jelas apa yang harus dikerjakan, menerapkan skill yang telah dipelajari dan membetulkan kesalahan serta jangan dicela jika ada kesalahan pada siswa.
  3. Desire to learn diantaranya membuat siswa merasa bermanfaat, jika demikian maka siswa akan terus merasa senang untuk mempelajari lebih lanjut lagi.


Demikianlah artikel tentang langkah-langkah mengajar yang baik dan benar semoga bermanfaat. Salam guru!

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Mengajar yang Baik dan Benar"