Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterampilan Dasar Mengajar, Menjelaskan

Selain keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebagaimana yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, seorang guru atau calon guru juga harus menguasai keterampilan dasar mengajar selanjutnya, keterampilan dasar mengajar tersebut adalah keterampilan menjelaskan. Tanpa keterampilan menjelaskan, seorang guru tidak bisa metransfer pengetahuan yang dimilikinya kepada anak didiknya. Menjelaskan berarti menyajikan informasi lisan yang diorganisasikan secara sistematis dengan tujuan menunjukan hubungan.



Fungsi keterampilan menjelaskan
  • Untuk membimbing siswa dalam memahami prinsip, konsep-konsep, dan lainnya.
  • Untuk menguatkan kognitif siswa yang berhubungan dengan bahan pelajaran.
  • Membantu siswa memecahkan masalah
  • Membantu siswa dalam meng-asimilasi dan meng-akomodasi konsep
  • Mengkomunikasikan ide dan gagasan kepada siswa
  • Melatih siswa untuk mengambil keputusan
  • Melatih siswa untuk dapat berfikir logis jika penjelasan guru kurang sistematis
  • Menyampaikan informasi dan fakta serta instruksi untuk diketahui saja.
  • Menunjukan seperti apa dan bagaimana sesungguhnya sesuatu itu.
  • Menunjukan mengapa dan untuk apa sesuatu itu terjadi dan menunjukan hubungannya.
  • Memberikan motivasi atau memberi dorongan, menimbulkan minat dan kemauan siswa.
  • Mengajukan pendapat pribadi, sebaiknya disertai fakta.
  • Penjelasan dapat diberikan di awal, di tengah, atau di akhir jam pertemuan tergantung kepada keperluan
  • Penjelasan harus relevan dengan tujuan pelajaran
  • Penjelasan dapat diberikan bila ada pertanyaan dari siswa atau direncanakan oleh guru
  • Materi penjelasan harus bermakna bagi siswa
  • Penjelasan harus sesuai dengan latar belakang dan kemampuan siswa

Dalam merencanakan penjelasan perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

Isi pesan/pokok bahasan  yang akan disampaikan dan penerima pesan (siswa dengan segala kesiapannya).
Sementara itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rencana suatu penjelasan
  • Relevan dengan pertanyaan yang diajukan
  • Sesuai dengan daya tangkap siswa
  • Sesuai dengan perbendaharaan dan pengalaman siswa
  • Mampu memikat perhatian siswa
  • Struktur argumentasi cukup meyakinkan siswa
  • Mengandung unsur motivasi untuk mendorong siswa

Teknis pelaksaan dalam menyajikan penjelasalan
Orientasi yaitu menjelaskan kepada siswa pada pokok bahasan yang akan dibahas.
Bahasa yang sederhana, kejelasan suatu penjelasan dapat ditingkatkan dengan penggunaan bahasa yang baik
Penggunaan contoh dan ilustrasi, karena contoh dan ilustrasi akan mempermudah siswa yang sulit dalam menerima konsep yang abstrak.
Memberikaan variasi, penekanan dapat dilakukan dengan cara mengadakan variasi dalam gaya mengajar (variasi dalam suara atau mimik) dan membuat struktur sajian, yaitu memberikan informasi yang menunjukan arah atau tujuan utama sajian
Sistematika, agar penjelasan mudah diterima hendaknya urutan langkah-langkah ditunjukan dengan jelas.
Balikan, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, balikan dapat diperoleh dengan cara memperhatikan tingkah laku siswa, memberikan kesempatan pada siswa menjawab pertanyaan guru dan meminta pendapat siswa apakah penjelasan yang diberikan bersifat bermakna atau tidak.


Demikian artikel tentang keterampilan menjelaskan yang termasuk pada keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Semoga dengan mengetahui keterampilan menjelaskan ini, kita sebagai calon guru ataupun guru atau siapapun yang berkaitan dengan pendidikan dapat semakin baik dalam meningkatkan kompetensi kita. salam guru!

Posting Komentar untuk "Keterampilan Dasar Mengajar, Menjelaskan"