Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pelajaran

Sebagai seorang guru atau calon guru paling tidak kita harus memiliki keterampilan dasar mengajar sebagai modal kita dalam mendidik siswa. Seorang guru yang tidak memiliki keterampilan dasar mengajar ibarat seorang dokter yang tidak bisa memeriksa pasiennya. Keterampilan dasar mengajar ini bisa diasah dan dikembangkan oleh guru berdasarkan pengalaman yang dimiliknya baik dalam proses belajar, mikro teaching, praktek pengalaman lapangan ataupun ketika guru tersebut sudah mengajar.

Keterampilan dasar mengajar meliputi Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan bertanya, ketrampilan memberi penguatan, kertampilan memberikan variasi, ketrampilan mengaktifkan belajar siswa, ketrampilan megelola kelas. Pada artikel ini kita akan membahas satu keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran.

Pengertian

Membuka pelajaran diartikan dengan perbuatan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat kepada apa yang akan dipelajari. Menutup pelajaran adalah memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang dipelajari siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar.

Tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran
  • Menimbulkan perhatian dan motivasi siswa terhadap tugas-tugas yang akan dihadapi
  • Memungkinkan siswa mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan
  • Siswa dapat mengetahui pendekatan-pendekatan yang akan digunakan dalam mempelajari bagian bagian pelajaran.
  • Memungkinkan siswa mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang dikuasai dengan hal-hal baru yang akan dipelajari
  • Memberikan kemungkinan kepada siswa untuk menggabungkan fakta-fakta, keterampilan keterampilan, konsep-konsep yang tercakup dalam suatu peristiwa.
  • Memungkinkan siswa dapat mengetahui tingkat keberhasilan dalam belajar.

Prinsip penggunaan
Prinsip teknis penggunaan keterampilan membuka pelajaran:
  • Singkat, padat dan jelas,
  • Tidak berbelit-belit,
  • Bahasanya mudah dipahami,
  • Disertai contoh/ilustrasi secukupnya
  • Menarik perhatian

Komponen keterampilan membuka pelajaran yaitu

  • Menarik perhatian siswa

Beberapa cara yang digunakan guru untuk menarik perhatian siswa antara lain dengan variasi gaya mengajar, penggunaan alat bantu mengajar dan pola interaksi yang bervariasi.
  • Menimbulkan motivasi

Dengan cara menunjukan kehangatan dan keantusiasan, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan ide-ide yang bertentangan dan memperhatikan minat siswa.
  • Memberikan acuan

Usaha memberikan gambaran yang jelas kepada siswa mengenai yang akan dipelajari dengan cara mengemukakan secara spesifik dan singkat. Antara lain dengan: mengemukakan kompetensi dasar, indicator hasil belar.
  • Membuat kaitan

Bahan pengait sangat penting digunakan bila guru ingin memulai pelajaran baru. Antara lain: mencari batu loncatan dari pengetahuan yang dimiliki siswa, guru membandingkan atau mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah diketahui siswa, mengusahakan kesinambungan pelajaran yang lalu dengan sekarang.
  • Meninjau kembali dengan cara merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan.

Mengevaluasi dengan berbagai bentuk evaluasi, misalnya mendemonstrasikan keterampilan, meminta siswa mengaplikasikan ide baru dalam situasi yang lain, mengekspresikan pendapat siswa sendiri, dan memberikan soal-soal tertulis  serta mengekspresikan ide baru dalam situasi lain, soal tertulis.
  • Memberi dorongan psikologi atau sosial.


Interaksi guru dengan siswa saling menghargai dan memberikan dorongan psikologi dan sosial dengan: memuji hasil yang dicapai, mengingatkan pentingnya materi, memberi harapan positif, meningkatkan percaya diri siswa akan potensi diri.

Posting Komentar untuk "Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pelajaran"