Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pelajaran
Sebagai seorang guru atau calon guru
paling tidak kita harus memiliki keterampilan dasar mengajar sebagai modal kita
dalam mendidik siswa. Seorang guru yang tidak memiliki keterampilan dasar mengajar
ibarat seorang dokter yang tidak bisa memeriksa pasiennya. Keterampilan dasar
mengajar ini bisa diasah dan dikembangkan oleh guru berdasarkan pengalaman yang
dimiliknya baik dalam proses belajar, mikro teaching, praktek pengalaman
lapangan ataupun ketika guru tersebut sudah mengajar.
Keterampilan dasar mengajar meliputi
Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan
bertanya, ketrampilan memberi penguatan, kertampilan memberikan variasi,
ketrampilan mengaktifkan belajar siswa, ketrampilan megelola kelas. Pada
artikel ini kita akan membahas satu keterampilan dasar mengajar yaitu
keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
Pengertian
Membuka pelajaran diartikan dengan
perbuatan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian
siswa agar terpusat kepada apa yang akan dipelajari. Menutup pelajaran adalah
memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang dipelajari siswa, mengetahui
tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar
mengajar.
Tujuan keterampilan membuka dan
menutup pelajaran
- Menimbulkan perhatian dan motivasi siswa terhadap tugas-tugas yang akan dihadapi
- Memungkinkan siswa mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan
- Siswa dapat mengetahui pendekatan-pendekatan yang akan digunakan dalam mempelajari bagian bagian pelajaran.
- Memungkinkan siswa mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang dikuasai dengan hal-hal baru yang akan dipelajari
- Memberikan kemungkinan kepada siswa untuk menggabungkan fakta-fakta, keterampilan keterampilan, konsep-konsep yang tercakup dalam suatu peristiwa.
- Memungkinkan siswa dapat mengetahui tingkat keberhasilan dalam belajar.
Prinsip penggunaan
Prinsip teknis penggunaan
keterampilan membuka pelajaran:
- Singkat, padat dan jelas,
- Tidak berbelit-belit,
- Bahasanya mudah dipahami,
- Disertai contoh/ilustrasi secukupnya
- Menarik perhatian
Komponen keterampilan membuka
pelajaran yaitu
- Menarik perhatian siswa
Beberapa cara yang digunakan guru
untuk menarik perhatian siswa antara lain dengan variasi gaya mengajar,
penggunaan alat bantu mengajar dan pola interaksi yang bervariasi.
- Menimbulkan motivasi
Dengan cara menunjukan kehangatan
dan keantusiasan, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan ide-ide yang
bertentangan dan memperhatikan minat siswa.
- Memberikan acuan
Usaha memberikan gambaran yang jelas
kepada siswa mengenai yang akan dipelajari dengan cara mengemukakan secara
spesifik dan singkat. Antara lain dengan: mengemukakan kompetensi dasar,
indicator hasil belar.
- Membuat kaitan
Bahan pengait sangat penting
digunakan bila guru ingin memulai pelajaran baru. Antara lain: mencari batu
loncatan dari pengetahuan yang dimiliki siswa, guru membandingkan atau
mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah diketahui siswa,
mengusahakan kesinambungan pelajaran yang lalu dengan sekarang.
- Meninjau kembali dengan cara merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan.
Mengevaluasi dengan berbagai bentuk
evaluasi, misalnya mendemonstrasikan keterampilan, meminta siswa mengaplikasikan
ide baru dalam situasi yang lain, mengekspresikan pendapat siswa sendiri, dan
memberikan soal-soal tertulis serta
mengekspresikan ide baru dalam situasi lain, soal tertulis.
- Memberi dorongan psikologi atau sosial.
Interaksi guru dengan siswa saling
menghargai dan memberikan dorongan psikologi dan sosial dengan: memuji hasil
yang dicapai, mengingatkan pentingnya materi, memberi harapan positif, meningkatkan percaya
diri siswa akan potensi diri.
Posting Komentar untuk "Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pelajaran"